6 Hari Diportal, PT NBL Penuhi Tuntutan 6 Desa

IMG-20240310-164257

Barito Utara, TRIBRATA TV

PT Nantoi Bara Lestari, perusahaan tambang yang beroperasi di Kecamatan Teweh Tengah akhirnya memenuhi tuntutan warga 6 desa setelah 6 hari akses jalan ke lokasi perusahaan diportal warga 2 desa.

IMG-20240227-124711

Dalam mediasi yang digelar di Aula Desa Beringin Raya, pihak perusahaan berdialog dan bermusyawarah dengan pihak Desa Beringin Raya, Desa Datai Nirui, Desa Rimba Sari, Desa Sei Serayu I, Desa Sei Serayu II dan Desa Pendreh, pada Minggu (29/1/2023).

Tuntutan warga yang disampaikan Kepala Desa Beringin Raya, Ronal Panjaitan dan Kepala Desa Datai Nirui, Naek Marusaha minta agar pos jaga simpang 4 lintas desa mereka yang menjaga, CSR perusahaan, PT Nantoi Bara Lestari juga mengadakan ambulan dan bus sekolah desa serta peluang usaha untuk mitra desa akan diupayakan oleh pihak perusahaan.

Kesepakatan ini dituangkan dalam berita acara rapat dan ditandatangani oleh masing-masing pihak yang terkait.

Sebelumnya pihak kecamatan,telah berupaya mediasi dan menyampai ke unsur Tripika agar portal dibuka akan tetapi warga dan kades dari dua desa tersebut menolak untuk membuka karena belum ada mediasi di desa.

Diketahui akibat penutupan tersebut perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan ini berhenti beroperasi selama 6 hari. Dengan kesepakatan ini, akhirnya akses jalan menuju perusahaan itu yang diportal warga pun dibuka.

Dalam kesempatan ini Ronal penjaitan dan Naek Marusaha, mengucapkan terimakasihnkepada seluruh warga desa yang ikut serta dalam menuntut hak warga tersebut, yang akhirnya dipenuhi oleh perusahaan dan sesuai dengan apa yang diharapkan

“Perjuangan warga tidak sia-sia semua itu berkat persatuan dan kekompakan warga khususnya Kepala Desa Beringin Raya dan Kepala Desa Datai Nirui selaku tuan rumah,” kata warga.

Sementara Kepala Desa Datai Nirui menyampaikan kepada seluruh warga desa jangan ragu dan takut jika itu sesuai jalunya, maka kita harus pertahankan yang menjadi hak-kita selama ini. Karena hari ini sudah membuktikannya tuntutan hajat hidup orang banyak dipenuhi.

Sedang Ronal penjaitan menyampaikn ucapan terimakasih kepada pihak perusahaan PT NBL dan PT KTC Coal Minning, sebagai perusahaan yang mengelola tambang, karena sudah mau bekerja sama untuk memenuhi tuntutan warga. “Juga kepada semua unsur tripika kecamatan yang telah ikut hadir dalam mediasi hari ini dan berperan penting,” katanya.

Ia berharap dengan adanya mediasi ini pihak-pihak investor bisa lebih pro aktif pada desa-deesa binaannya terkait dengan tanggungjawab sosialnya. (JULANDI)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *