IMG-20240409-WA0045

Kapolres Kayong Utara Hadiri Pelantikan Anggota PPS

IMG-20240409-WA0076

Kayong, TRIBRATA TV

Kapolres Kayong Utara Polda Kalbar AKBP Achmad Dharmianto menghadiri pelantikan dan bimbingan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Kayong Utara di Istana Rakyat / Pendopo Bupati Jalan Tanah Merah Desa Sutera Kecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara, Selasa (24/1/2023).

IMG-20240227-124711

Pelantikan dipimpin Ketua KPU Kabupaten Kayong Utara, Rudi Handoko yang dihadiri Bupati Kayong Utara, Citra Duani, Dandim 1203 KTP, Kajari Ketapang, Ketua Bawaslu Kabupaten Kayong Utara, Kosasi dan anggota KPU Kayong Utara.

Pelantikan ini sesuai Keputusan KPU Kayong Utara Nomor 12 Tahun 2023 tentang Penetapan dan Pengangkatan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebanyak 129 orang dari 6 kecamatan dan 43 desa.

Rudi Handoko mengatakan pelantikan dan Bimtek anggota PPS dilaksanakan setelah melalui rangkaian proses sebelumnya.

“Antara lain pemeriksaan administrasi, test tertulis dan wawancara dan setelah dilakukan seleksi sebanyak 129 orang dinyatakan lulus dan memenuhi syarat,” terang Rudi Handoko.

Sementara Kapolres meminta kepada anggota PPS yang terpilih agar segera memahami dan mempedomani petunjuk tekhnis selaku PPS yang sudah diatur dalam Pasal 18  Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 tahun 2022 tentang tugas, wewenang dan tanggung jawab PPS sehingga dalam pelaksanaan tugas dapat bekerja dengan baik.

Ia juga menyampaikan anggota PPS harus mempunyai komitmen, tanggung jawab dan integritas yang tinggi karena PPS merupakan komponen maupun penyelenggara pemilu paling bawah yang peranannya sangat penting dan krusial untuk mensukseskan pemilu.

Menurutnya untuk mensukseskan dan mengamankan Pemilu perlu adanya kerjasama dan sinergitas yang baik dan solid dari stakeholder atau pemangku kepentingan untuk dapat berperan aktif sesuai tupoksinya masing-masing.

“Kita semua berharap situasi Kamtibmas menjelang, pada saat dan pasca Pemilu di Kayong Utara tetap sejuk, aman kondusif. Insya Allah dengan sinergitas yang baik hal tersebut dapat terlaksana,” tutup Kapolres. (Deni)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *