Ketua DPRD Sitaro Apresiasi Digelarnya Maliku Wanua

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mengapresiasi kegiatan acara adat “Muliku Wanua”. Kegiatan ini dapat meningkatkan tali persaudaraan, dan memperkuat budaya menuju Sitaro yang lebih hebat.

IMG-20240227-124711

“Sangat diapresiasi kepada pemerintah daerah sehingga dapat memfasilitasi hal ini dan dapat melestarikan budaya Muliku Wanua, adat istiadat yang berkembang dan harus terlestari di Kabupaten Sitaro khususnya di Pulau Tagulandang, “tutur DJP.

Budaya Muliku Wanua merupakan ajang bersilahturahmi antar sesama masyarakat seiring dengan menyambut serta menjalani tahun yang baru dengan berjalan kaki menyusuri serta mengelilingi Pulau Tagulandang.

Ketua dewan yang sederhana dan merakyat ini pun berharap semoga kedepan budaya ini tetap terjaga.

“Karena dari segi historisnya sangat luar biasa, Muliku Wanua berarti “berkeliling pulau”, sebuah tradisi berjalan kaki mengelilingi Pulau Mandolokang. Tradisi ini bermula pada suatu perayaan tahun baru di masa silam. Untuk keperluan silaturahmi dan mengucapkan selamat tahun baru pada kerabat, leluhur penduduk pulau Mandolokang berjalan kaki dari satu desa ke desa lainnya. Dan kebiasaan itu terus dilestarikan sampai saat ini, “katanya.

Dengan tali persaudaraan yang terjalin ini pun, ia melihat bagaimana antusias masyarakat menyambut dan berpartisipasi dalam acara “Muliku Banua”.

“Semakin tahun ada peningkatan yang signifikan luar biasa, hal ini akan menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat, nilai nilai budaya, nilai sejarah dari orang tua terdahulu dapat selalu dilestarikan serta bagaimana menjaga persatuan dan kesatuan, terutama meningkatkan rasa kekeluargaan, “tambahnya.

Politikus PDI Perjuangan menyampaikan disela-sela acara, Senin (23/01/2023) ada beberapa agenda diantaranya bakti sosial dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Kepulauan Sitaro sebagai rangkaian peringatan HUT ke-76 Megawati Soekarnoputri. Kegiatan bakti sosial ini sekaligus menjadi rangkaiannperayaan HUT ke-50 PDI Perjuangan pada 10 Januari 2023.

“Bakti sosial ini sebagai bentuk apresiasi dari DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sitaro untuk ulang tahun Ibu ketua umum yang tercinta Megawati Soekarnoputri ke 76 tahun. Kami melaksanakan kegiatan bantuan sosial kepada keluarga kurang mampu, lansia, juga pembersihan lingkungan, menanam pohon di pinggir pantai untuk mencegah abrasi itulah bentuk kepedulian dari partai,” ujar Bendahara DPC PDIP Sitaro ini.

Ia juga mengapresiasi Kepedulian Ketua DPC PDIP Sitaro Toni Supit dan Bupati Sitaro Evangelian Sasingen juga sebagai pengurus partai dalam mensponsori kegiatan tersebut.

“Diapresiasi kepada bapak Toni Supit dan Ibu Bupati Evangelian Sasingen yang begitu peduli kepada masyarakat, dengan bantuan-bantuan yang disalurkan. Serta kehadirsn seluruh bersama masyarakat dengan untuk bagaimana saling memperhatikan, peduli terhadap sesama juga bersatu dalam menjaga kelestarian lingkungan yang berguna bagi anak cucu kedepannya, ini pada intinya, “tutup Janis. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *