IMG-20240409-WA0045

Anggota DPRD Nisel Gelar Sosialisasi Perda di Kecamatan Onolalu

IMG-20240409-WA0076

Nias Selatan, TRIBRATA TV

Anggota DPRD Kabupaten Nias Selatan Biv.Tinada Limbong S.Pd.K, menyosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Nias Selatan No 05 Tahun 2015 tentang perubahan atas Peraturan Kabupaten Nias Selatan No 17 tahun 2012 tentang Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan.

IMG-20240227-124711

Turut hadir dalam kegiatan yang digelar di Balai Desa Hilionaha Kecamatan Onolalu itu para kepala desa, aparat desa, BPD, LAD/LPM, tokoh adat, tokoh masyarakat, Kapus Onolalu, Camat Onolalu, Bhabinsa, pers dan LSM, Sabtu (21/01/2022).

Biv. Tinada Limbong menyampaikan sosialisasi ini untuk melaksanakan ketentuan Peraturan Tata Tertib DPRD yang menyatakan Perda yang telah diundangkan dalam lembaran daerah dan tambahan lembaran daerah wajib disosialisasikan oleh anggota DPRD.

Selain untuk menjalankan amanat peraturan sosialisasi ini juga untuk menjalankan fungsi pengawasan lembaga DPRD terhadap unit kerja dan menegakkan Perda sekaligus mempublikasikan kepada masyarakat kinerja DPRD dalam menjalankan fungsi legislasi.

“Untuk mendorong masyarakat tertib hukum,” tandasnya.

Menurutnya sosialisasi sebagai media penyampaian informasi kepada orang pribadi atau badan yang dikuasai atau dimiliki dan / atau dimanfaatkan oleh orang pribadi atau badan untuk dikenakan pajak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan.

Ia juga menyampaikan salah satu perubahan Perda Nomor 05 tahun 2014 atas Perda Nomor17 tahun 2012 terkait kenaikan nilai pajak bumi dan bangunan secara signifikan. Karena perhitungan besaran nilai pajak yang berbeda sehingga dirasa perlu untuk dilakukan perbaikan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sementara Camat Onolalu, Darnis Harita, menyampaikan sosialisasi ini sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat dan akan diteruskan ke 10 desa yang ada.

Dikatakannya sesuai dengan petunjuk dan amanat yang disampaikan tetap mengedepankan protokoler kesehatan.

Sedang Kepala Desa Hilionaha Bezisokhi Duha mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD yang telah memilih desanya sebagai lokasi untuk sosialisasi. (Fanema Bago)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *