IPSI Sergai Gelar “Try Out”

IMG-20240409-WA0076

Sergai, TRIBRATA TV

Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Serdang Bedagai (Serga bersama Perguruan Silat Garuda Sakti menggelar “Try Out”, di Padepokan Pencak Silat Indonesia Pantai Silat Bertuah Dusun I Desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Sergai, Minggu (17/1/2021).

IMG-20240227-124711

Ketua pelaksana Siti Aminah Br Saragih menjelaskan, uji coba (Try Out) silahturahmi antar perguruan pencak silat yang dihadiri 300 pesilat ini diikuti 7 perguruan silat diantaranya, Perguruan Silat Garuda Sakti, Perguruan Silat Pentas, Perguruan Silat Walet Putih, Perguruan Silat Kocima, Perguran Silat Tapak Suci, Perguruan Silat Salam dan Perguruan Silat PSHT.

Tampak hadir Ketua Koni Sergai, Aspul A Lubis, Ketua IPSI,Irwan, SH dan berbagai perguruan Silat serta para undangan.

Sesepuh perguran silat Garuda Sakti dalam arahannya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah bersusah payah dalam mengadakan silaturahim yang dilaksanakan pada hari ini.

Ia mengimbau untuk lebih baik lagi dalam mengembangkan silat di Kabupaten Sergai. Pada try out akan ada pertandingan antar remaja dan dewasa, ia mengajak menjaga aturan tata tertib yang ada karena ini adalah uji coba, kita ingin melihat sampai di mana kemampuan kita.

Tidak ada yang juara di sini, kita menunjukkan prestasi yang baik dalam serangan tangkapan dan sebagainya dalam menghadapi lawan dengan demikian agar menjadi atlet atlet berbakat.

“Dari sini kita mulai belajar ini bukan belajar bagaimana cara mempertahankan diri tapi dengan cara yang sportif yang menurut aturan IPSI agar silat yang ada di tempat kita lebih maju, ” imbuhnya mengakhiri.

Aspul A Lubis dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan silahturahmi antara perguruan pencak silat. Hadir juga pesilat dari Kabupaten Deli Serdang dan Kotamadya Tebing-tinggi. “Ini adalah motivasi bagi pesilat IPSI Sergai untuk meraih prestasi menuju PON 2024 Sumut dan Aceh,” kata Aspul.

“Mudah mudahan IPSI Sergai bisa menyumbangkan atletnya nanti sampai ke PON 2024,” harapnya.

Sementara Irwan, SH kepada wartawa mengatakan, pertama uji coba ini merupakan silaturahim pesilat yang selama ini sudah lama ada dan melakukan latihan kembali karena latihan ini harus lebih di tingkatkan, kemudian juga memotivasi pesilat untuk memperbaiki yang sudah ada.

“Bulan September mendatang akan ada PORKAB menuju PON 2024, dan nantinya diharapkan ada atlit Pesilat kabupaten Sergai masuk mengikuti pertandingan hingga ke PON 2024, ” bilangnya.

Ketua IPSI Sergai berharap,
kepada atlit pesilat agar meningkatkan prestasi latihan baik di padepokan bisa dilakukan seminggu sekali termasuk juga kepada seluruh perguruan yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai ini.

“Cintailah silat sebagai mana para pencetus sesepuh kita pejuang kita dan para pendekar kita yang betul betul memajukan pesilat ini sampai ke tingkat dunia dan saya ingin silat ini lebih maju lagi karena itu kita buat di sini padepokan Silat Indonesia, “katanya.
(Hakim sitanggang)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *