IMG-20240409-WA0045

Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol. Valentino: Utamakan Edukasi Bukan Penindakan

IMG-20240409-WA0076

Medan, TRIBRATA TV

Dirlantas Polda Sumut, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda akan memprioritaskan keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran (Kamtibsellancar) di seluruh jajarannya.

IMG-20240227-124711

“Sesuatu yang menjadi prioritas Kapolri di era pandemi saat ini, tentu itu yang akan diutamakan terlebih dahulu,” kata Valentino kepada wartawan pada Kamis (14/1/2021).

Velentino menjelaskan, arahan Kapolri itu nanti akan diimplementasikan ke dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumut. Seperti Operasi Ketupat yang sebentar lagi akan
dilaksanakan.

“Seperti sebelum-sebelumnya, kan lebih ke penindakan. Namun era pandemi saat ini, dalam pelaksanaan Operasi Ketupat nanti lebih kepada mengedukasi masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di luar jika memang tidak perlu,” ucapnya.

Selain itu, Valentino juga akan mengintensifkan bidang rekayasa lalulintas jika memang diperlukan dalam suasana dan kondisi tertentu. Misal, belakangan ini sejumlah wilayah di Sumut kerap terjadi longsor yang mengakibatkan arus lalulintas tersendat.

“Di sinilah rekayasa lalulintas akan diterapkan. Tapi kami kan tidak bisa bekerja sendiri. Nanti kita akan koordinasi dengan pihak terkait untuk mengangkat material yang menghambat badan jalan tersebut. Koordinasi seperti inilah yang akan ditingkatkan lagi. Kemudian kita akan perbaiki kelemahan yang ada untuk ditingkatkan menjadi lebih baik,” katanya.

Selain itu bidang pelayanan juga akan menjadi perhatian baginya, sehingga terus berkoordinasi dengan para Kasat Lantas daerah. Untuk pelayanan SIM atau yang lain misalnya, akan dibuat pembatasan bagi pemohon.

“Misalnya hanya 50 persen masyarakat yang diperbolehkan masuk. Kemudian cek suhu, cuci tangan dan melaksanakan protokol kesehatan lainnya. Kalau untuk aktivitas pegawai sampai saat ini pelayanan di Ditlantas masih normal,” ungkapnya.

Alumni Akademi Kepolisian tahun 1994 itu kemudian memohon doa restu serta dukungan rekan-rekan media, untuk menjalankan amanah sebagai Direktur Lalulintas Polda Sumut yang baru, menggantikan Kombes Pol Wibowo.

“Artinya tidak muluk-muluk. Kita akan ikuti program pemerintah, karena ini akan sangat berkaitan dengan aktivitas masyarakat. Mohon dukungannya, kami tidak bisa bekerja sendiri,” tandasnya. (H.Pakpahan/Red)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *