Pungut Rp1 Juta Perorang, Kacabdis Medan Selatan Adakan Prapelatihan Guru

IMG-20240409-WA0076

Medan, TRIBRATA TV

Cabang Dinas Pendidikan Medan Selatan akan mengadakan pra-pelatihan mandiri atau pembekalan bagi guru-guru atau calon kepala sekolah SMA/SMK Negeri wilayah Cabdis Medan Selatan selama 2 hari disalah satu hotel mewah di Medan pada tanggal 13-14 Januari 2021.

IMG-20240227-124711

Pra-pelatihan mandiri itu digelar untuk memberikan pembekalan kompetensi guru atau calon kepala sekolah, sebelum mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) Calon Kepala Sekolah oleh Pemprov Sumut di bulan Maret 2021. Diklat ini akan diikuti 150 guru dari seluruh kabupaten/kota se Propinsi Sumatera Utara.

Menurut Kepala Cabang Dinas Pendidikan Medan Selatan Zuhri Bintang, pra pelatihan itu diadakan atas inisiatif dirinya yang disepakati seluruh Kepala Sekolah SMA/SMK Negeri wilayah Medan Selatan sesuai hasil rapat bulan Desember 2020 lalu.

“Bagaimana kita menyikapi supaya jatah ini banyak masuk calon-calon dari kita yaitu Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Medan Selatan, karena para Kepsek sudah banyak yang mau pensiun karena sudah tua,” ujarnya kepada TRIBRATA TV diruang kerjanya, Senin (11/1/2021).

Diakuinya, anggaran biaya pra-pelatihan mandiri tersebut ditalangi dari dana BOS dan biaya pribadi.

“Kalau sempat kian kepala sekolah tidak mau menalangi ini dari anggaran BOS, pasti saya batalkan pak karena sangat memberatkan ke guru, dan inisiatif ini saya lakukan supaya banyak stock guru-guru kita ini yang siap calon kepala sekolah,” ujarnya lagi.

Zuhri juga mengatakan bahwa rencana kegiatan ini sudah disetujui para Kepsek, karena ada juga anggaran peningkatan kinerja guru untuk didahulukan walaupun anggarannya itu baru muncul nanti.

“Di hotel ini untuk biaya makan saja, snack pagi, makan siang, snack sore, makan malam sampai jam 9 itu Rp350 ribu/hari karena dia prasmanan, jadi 2 hari saja biaya hotel Rp700 ribu, belum lagi biaya nara sumber, belum lagi sewa gedung, belum lagi membuat pamflet, jadi sebetulnya sangat minim sekali angka Rp1 juta ini untuk tingkat hotel,” lanjut Zuhri.

Alasannya, kalau tidak direkrut ia khawatir nanti tidak ada guru yang memenuhi NUKS (Nomor Unit Kepala Sekolah) karena saat ini calon Kepsek harus mempunyai NUKS. Karenanya, ia berembuk dengan semua Kepsek SMA/SMK Wilayah Medan Selatan di bulan Desember 2020 dan disepakati dibuat pra-pelatihan mandiri atau bimbingan belajar (Bimbel).

Disinggung menyangkut biaya yang meresahkan sebagian guru, pihaknya berkilah dan mengklaim bahwa tidak ada yang resah, sebab sudah hasil kesepakatan dengan kepala sekolah, 50 % dibiayai oleh sekolah dengan dana BOS atau anggaran peningkatan guru bagi yang memenuhi syarat dan 50 % lagi ditanggung oleh masing-masing guru atau calon Kepsek.

“Dimananya mereka resah, masa pelatihan tidak pakai biaya, mana ada yang gratis saat ini, dan kalau memang membuat resah ya sudah tidak usah ikut dan ikut saja nanti bulan Maret bertarung bebas tanpa pembekalan, kalau memang mereka merasa terbebani tidak usah ikut pelatihan mandiri ini, ya ikut saja nanti bulan 3 bertarung,” ujarnya beralasan

Tidak hanya itu, kegiatan pelatihan ini tidak diwajibkan dan hanya bagi yang ikut saja. Menurutnya ini pembekalan buat guru-guru, agar tidak kesulitan nanti saat membuat makalah. “Kegiatan ini sangat positif untuk membantu para guru disaat Diklat Cakep di bulan Maret 2020,” kata Zuhri.

Bahkan ia menegaskan, biaya Rp1 juta itu akan dipertanggung jawabkan, berapa biaya makan, hotel dan media ini diarahkan untuk cek saja hotel tersebut, kira-kira berapa biaya narsum, berapa biaya sewa gedung.

“Inipun katanya pihak hotel minta Rp1,5 juta perorang karena kemahalan dilakukanlah loby-loby ke hotel supaya dibantu karena ini untuk pendidikan, lagipula ruangan itu dimasa covid tidak terpakai. Olehnya disepakati Rp1 juta,” tandasnya.

Menanggapi tidak ada pemberitahuan ke Dinas Pendidikan Sumut terkait rencana pelatihan mandiri ini, Zuhri berkilah akan diberitahukan dan sudah dibuat tembusan, karena bukan pihaknya saja yang pertama melakukan kegiatan tersebut.

“Saya ini Kepala Cabang pak, saya punya kewenangan untuk meningkatkan kompetensi guru saya sepanjang dia mau, jadi tidak semua harus saya lapor, gak begitu pak,” tuturnya.

Diperoleh informasi, data terakhir guru yang telah mendaftar mengikuti pelatihan mandiri ini sejumlah 39 orang dan yang lain akan menyusul bagi yang memenuhi syarat.

Hal senada, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Medan, Buang Agus mengatakan bahwa kegiatan pelatihan mandiri itu untuk pembekalan calon kepala sekolah supaya nanti ketika diklat cakep tidak mengalami kesulitan dan tentu membutuhkan biaya.

“Karena tuntutan profesi guru jadi biaya itu 1 juta, itu yang menentukan di hotel bukan kita, dan karena berat kali kita pihak sekolah diminta bantuan untuk membantu guru yang bersangkutan supaya bisa ikut, jadi kami sepakat untuk dana dari pembinaan profesi guru dibantu 500 ribu,” ucap Buang.

Sementara, Pemprov Sumut melalui Dinas Pendidikan Sumut belum mengumumkan secara resmi kapan Diklat Calon Kepala Sekolah itu akan dilaksanakan, sebab menurut Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Lasro Marbun dalam suratnya nomor : 424/12/Bid.PTK/1/2021 menjelaskan bahwa Diklat Cakep tersebut baru akan diumumkan lewat website resmi dinas pendidikan Sumut.

“Namun untuk mekanisme atau tata laksana penyelenggaraan Diklat Cakep akan diberitahukan kemudian secara terbuka melalui website Dinas Pendidikan Sumatera Utara,” tulis Lasro Marbun dalam suratnya yang diperoleh TRIBRATA TV, Jumat (8/1/2021)

Dikabarkan, dari sumber terpercaya inisial D kepada TRIBRATA TV, Selasa (5/1/2021) via sambungan telepon mengatakan akan diadakan Diklat Cakep (Calon Kepala Sekolah) atau seleksi calon kepala sekolah tingkat SMA/SMK rencananya dilakukan di bulan Maret 2021, untuk itu setiap kecabdis akan mengirimkan peserta dari tiap-tiap sekolah dan beban biaya ditanggung oleh pemerintah alias gratis.

“Namun cukup disayangkan Kecabdis Medan Selatan akan membuat pelatihan calon kepala sekolah mandiri yang setiap calon akan di kenakan biaya Rp1 juta perorang dan pelaksanaannya dipertengahan bulan ini”, kata D yang minta namanya tidak dipublikasikan. (Bonni T Manullang)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *