Santer, Mantan Kajari Tobasa Disebut Bakal Ikut Bertarung Pilkada Toba

IMG-20240409-WA0076

Toba, TRIBRATA TV

Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati, Bacaleg dan Presiden tahun 2024 semakin hangat diperbincangkan masyarakat Toba. Seperti Pilkada Toba, salah satu nama yang mencuat sebagai Calon Bupati Toba pada Pilkada 2024 nanti adalah mantan Kepala Kejaksaan Negeri Toba Samosir, DR. Robinson Sitorus, SH,.MH.

IMG-20240227-124711

Namanya semakin sering diperbincangkan di Toba setelah fotonya bersama Tonny Simanjuntak dan Robinson Tampubolon yang saat ini masih menjabat Wabup Toba dan Anggota DPRD Toba muncul di media sosial baru-baru ini.

Kemunculan ini santer diperbincangkan dikedai-kedai kopi, Kamis (12/1/2023).

Robinson Sitorus yang saat ini masih menjabat sebagai Asisten Pembinaan (Asbin) Kejaksaan Tinggi Riau, ketika dihubungi via WA, Kamis (12/1/2023) mengaku senang atas respon positif yang diberikan warga Toba.

“Saya senang masih bisa menarik perhatian warga Toba, tapi kalau ditanya apakah itu benar atau tidak kemungkinan maju Pilkada Kab Toba 2024, ya semua kemungkinan bisa saja terjadi jika Tuhan menghendaki,” ujar Robinson.

Robinson selama menjabat sebagai Kajari Tobasa tahun 2020 dikenal sebagai sosok yang penyuka humor, tegas dan sangat dekat wartawan dan masyarakat.

Selama kepemimpinannya di Kejari Tobasa, saat itu kurang lebih 10 orang jadi pesakitan mempertanggungjawabkan korupsi yang dilakukan pejabat Pemkab Tobasa. Termasuk diantaranya 2 orang kepala dinas (Kadis).

Pada masa Pandemi Covid-19 di Toba, Robinson kerap berbagi lewat program 1.000 paket sembako untuk warga membutuhkan dan wartawan, membantu program bedah rumah, memberikan ponsel kepada warga kurang mampu serta kerap mengunjungi dan berbagi kasih dengan Lansia dan anak korban-korban pelecehan seksual di Toba.

Berpasangan dengan Tonny M Simanjuntak?
Beredar nama Tonny M Simanjuntak menjadi salah satu Calon Wakil Bupati yang akan berpasangan dengan Robinson Sitorus. Namai ini semakin berhembus hangat. Pasalnya, sudah lama beredar kabar angin ada keretakan Bupati Poltak Sitorus dengan wakilnya Tonny Simanjuntak sejak 2021.

Robinson menjawab, soal siapa yang akan menjadi calon wakilnya, apakah Robinson Tampubolon seperti yang ada di foto atau Tonny Simanjuntak, Robinson Sitorus mengaku masih dalam tahap komunikasi yang baik dengan keduanya.

“Untuk kedua nama tersebut, ya sejauh ini tidak tertutup peluang untuk berpasangan baik dengan Robinson Tampubolon ataupun Tonny Simanjuntak. Robinson Tampubolon itu kan sahabat kental saya, bahkan saat putri beliau menikah di Pekanbaru, saya termasuk sebagai keluarga pengundang,” ujarnya.

Tak jauh beda dengan Tonny Simanjuntak, Robinson Sitorus juga memiliki hubungan emosional yang sangat dekat dengan Wakil Bupati Toba ini. Sebelumnya, keduanya sama-sama tumbuh di organisasi kepemudaan berbasis pemuda Gereja yakni Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI).

“Pak Tonny Simanjuntak ini kan sahabat sekaligus sudah seperti adik saya juga, jadi kita lihat saja bagaimana ke depannya. Intinya, jika masyarakat Toba mendukung dan ada partai yang siap mendukung, kita siap bertarung di Toba,” tuturnya.

Meski Pilkada masih lama, Robinson tetap memberikan waktunya untuk datang dan berbagi di Toba. Pandangannya soal Pilkada Toba juga sangat rasional. Dia bicara tak hanya soal finansial besar yang dibutuhkan tapi lebih penting soal integritas dan kepekaan sosial.

“Bukan saatnya lagi menjadi kepala daerah itu hanya karena mempunyai finansial besar dan menghabiskan uang yang banyak. Akan tetapi apakah kandidat tersebut bisa bekerja dengan baik, punya visi yang jelas, tidak menyakiti masyarakat dan mau berbuat untuk masyarakat, itu yang terpenting”, ujar doktor hukum ini.

Di akhir kata, ketika ditanyakan apakah dengan seringnya datang berkunjung ke Balige Kabupaten Toba serta beredarnya kalender di kalangan warga sebagai bukti keseriusannya maju di Pilkada 2024? Robinson hanya menjawab secara diplomatis.

“Toba ini kan kampung halaman saya, mengenai kalender itu, saya ingin agar masyarakat banyak khususnya yang tinggal di desa-desa dan dengan memiliki kalender mereka bisa melihat dengan pasti kapan ke Gereja, kapan hari kerja dan hari libur. Dan agar mereka bisa mengatur waktunya lebih tepat guna,” pungkas Robinson Sitorus menutup telpon.

Disamping itu sampai saat ini Robinson Sitorus diketahui masih juga menjabat Penasehat KMDT, Ketum LPPD Pesparawi Toba. Dimana LPPD berhasil meraih juara umum kedua di Provsu, medali emas penyanyi solo dalam penyelenggaraan Pesparawi Nasional di Jogjakarta dan LPPD Pesparawi Toba, satu-satunya yang menyelenggarakan paduan suara di tahun 2022 di Provinsi Sumut. (Berlin Yebe)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *