Resmi Jabat Kapolres Pagaralam, Ini Jejak AKBP Erwin Irawan

IMG-20240310-164257

Palembang, TRIBRATA TV

AKBP Erwin Irawan, resmi menjadi Kapolres Pagaralam, usai dilantik Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen A Rachmad Wibowo, di Gedung Presisi lantai 7 Mapolda Sumsel, Kamis (12/1/2023).

IMG-20240227-124711

AKBP Erwin Irawan yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Sumsel, menggantikan posisi kursi yang ditinggalkan AKBP Arif Harsono, yang mendapat jabatan baru menjadi Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU).

Pelantikan dan serah terima jabatan antara AKBP Arif Harsono ke AKBP Erwin Irawan berlangsung di Polda Sumsel, dan dipimpin Kapolda Irjen A Rachmad Wibowo serta disaksikan oleh seluruh pejabat utama Polda Sumsel.

Pergantian jabatan Kapolres Pagaralam sesuai Surat Telegram Kapolri Nomor ST 2777/XII/KEP/2022 tanggal 23 Desember 2022, dan sertijab dilaksanakan di Mapolda Sumsel pada tanggal 12 Januari 2023.

Berikut profil dan biodata Kapolres Pagaralam AKBP Erwin Irawan SIK,

AKBP Erwin Irawan merupakan perwira polisi yang lahir dan dibesarkan di Malang pada tanggal 16 Mei 1979, dan merupakan anak dari pensiunan TNI Angkatan Darat.

Ia merupakan merupakan alumni Akpol 2001, kemudian sebelumnya berdinas di Polda Maluku Utara selama 10 tahun.

Setelah menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), ia kembali berdinas di Polda Maluku Utara pada tahun 2009.

AKBP Erwin Irawan bertugas di Polda Sumsel setelah lulus dari Sespimmen pada bulan Agustus tahun 2020, dan menduduki beberapa jabatan penting di Polda Sumsel.

Pertama kali menjabat sebagai Kasubbid Tekinfo Bid TIK Polda Sumsel pada tahun 2020, kemudian Kasat Sabhara Polrestabes Palembang tahun 2021 dan kemudian menjabat sebagai Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Sumsel pada tahun 2022.

Banyak prestasi yang ditorehkannya terutama saat menjabat sebagai Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Sumsel.

Ia berhasil mengungkap kasus Ilegal Logging, penyelundupan Baby Benih Lobster (BBL), ilegal drilling, dan penyelundupan narkoba, serta berhasil menyelamatkan kerugian negara Rp95,2 miliar.

Usai jalannya sertijab, AKBP Erwin Irawan pun menyampaikan pesan Kapolda Sumsel Irjen Rachmad kepadanya. Menurutnya, Irjen Rachmad meminta untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban warga serta mendukung sejumlah program-program pemerintah yang ada di Pagaralam.

“Pesan dari Bapak Kapolda tadi, kita harus mendukung sejumlah program-program pemerintah,” kata AKBP Erwin, saat diwawancarai usai Sertijab.

Menurutnya, Kapolda memintanya untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional yang ada di wilayahnya. “Terutama masalah pemulihan ekonomi nasional,” katanya.

Selain itu, dia mengaku akan berkoordinasi dengan anggotanya dan juga instansi lainnya di sana untuk lebih meningkatkan keamanan.

“Kita ketahui bersama, kota Pagaralam merupakan daerah wisata, dan untuk menarik wisatawan, tentunya keamanan menjadi nomor satu. Dengan wilayah yang aman, diharapkan wisatawan akan lebih banyak berkunjung ke kota Pagaralam, dengan demikian kesejahteraan masyarakat setempat akan meningkat,” pungkasnya. (suherman)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *