IMG-20240409-WA0045

Terseret Arus Danau Toba, Remaja Putri Tewas Tenggelam

IMG-20240409-WA0076

Toba, TRIBRATA TV

Dian Tambunan (13) remaja putri, warga Desa Baruara Kecamatan Balige, Kabupaten Toba ditemukan meninggal akibat tenggelam di pantai Sunset Beach Tambunan Balige pada Sabtu (2/1/2021) sekira pukul 13.50 wib

IMG-20240227-124711

Awalnya, Dian Tambunan bersama kakaknya yang tinggal di Desa Matio Kecamatan Balige, hendak menikmati liburan tahun baru di objek wisata di Pantai Sunset Beach.

Awalnya korban berenang, dengan menggunakan pelampung ban dalam yang biasa dipakai para pengunjung. Hal itu lazim digunakan para anak-anak, saat bercengkerama di perairan Danau Toba.

Merasa aman-aman saja, kakak Dian boru Tambunan yang juga istri Kepala Desa Matio Kecamatan Balige meninggalkan anak-anak saat berenang. Namun entah kenapa dalam waktu sekejap saja, Dian terseret arus air Danau Toba hingga sampai tenggelam.

Mendengar ada korban yang tenggelam, warga setempat dan para pengelola objek wisata tersebut melakukan pencarian terhadap Dian, sebagian mereka berenang dan menggunakan jaring tangkap ikan.

Tak lama kemudian, sekitar setengah jam, akhirnya Dian ditemukan sekitar 30 an meter dari bibir pantai. Upaya menyelamatkan Dian kembali dilakukan dengan menjulurkan terbalik badannya agar air yang diteguknya keluar, bahkan api sempat dinyalakan untuk menghangatkan badannya, namun apa daya nyawa Dian pun tak tertolong lagi

Setelah Dian dipastikan meninggal, akhirnya jenasahnya dibawa kerumah duka di Desa Baruara, diiringi tangis dari kakaknya serta keluarga yang lain yang bersamaan berlibur dihari kedua tahun baru itu.

Menyaksikan korban yang tenggelam di spot wisata itu, sejumlah pengunjung mengeluhkan keamanan dan kenyamanan pantai tersebut.

Seharusnya pengelola pantai membuat tanda pembatas dikedalaman pantai, sehingga membuat nyaman bagi para pengunjung, ucap salah seorang pengunjung yang enggan identitasnya disebutkan

Pantauan dari TRIBRATA TV di lapangan, pantai Sunset Beach ini tidak menggunakan pembatas kedalaman pantai. Padahal jika ada pembatas itu, pastinya pengunjung yang akan berkunjung ke pantai ini akan mengetahui sampai mana batas kedalaman pantai. Namun para pengelola tidak memberikan tanda atau sinyal supaya para pengunjung hati-hati saat hendak berenang.

Semoga kiranya, hal ini dapat menjadi perhatian dan pengawasan bagi instansi yang berwenang.

Pengunjung seluruh objek wisata pantai yang ada di Danau Toba diberikan tanda pembatas pantai, untuk kenyamanan bagi setiap para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam Danau Toba.(Andy Sihombing)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *