Hukum  

2 Harley Davidson Ditahan, Kapolrestabes: Pengendara Tak Dapat Tunjukan Dokumen

IMG-20240310-164257

Medan, TRIBRATA TV

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Medan menahan 2 unit moge (motor gede) jenis Harley Davidson. Polisi melakukan tindakan tilang sementara, karena pengendaranya tidak dapat menunjukkan surat-surat dokumen yang sah saat diberhentikan di daerah Simpang Jalan Jati, Medan yang jaraknya hanya sekitar 1 Km dari Mapolrestabes Medan.

IMG-20240227-124711

Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko saat konferensi pers akhir tahun mengatakan bahwa kedua moge tersebut ditilang sementara karena tidak dapat menunjukkan surat-surat dokumen yang sah.

“Karena pelanggaran lalu lintas. Setelah dicek, belum dapat tunjukkan surat-surat, dan tindakan dilakukan mengamankan, tilang. Sama saja pelanggaran lalu lintas lain, tak ada yang istimewa,” jelas Riko singkat, Kamis (31/12/2020).

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Medan, AKBP Sonny W Siregar membenarkan kedua sepeda motor jenis Harley Davidson itu ditilang di daerah simpang Jalan Jati, Medan yang jaraknya sekitar 1 km dari Mapolrestabes Medan.

Ia menjelaskan, kedua pengendara moge itu tidak bisa menunjukkan dokumen yang sah kepada petugas sehingga dilakukan penindakan. Dimana saat itu pihaknya melihat ada kendaraan melintas menggunakan plat B Jakarta, kemudian pihaknya melakukan pengecekan lalu menyambanginya.

“Pada saat kita tanyakan dokumen, tak bisa menunjukkan, bukan berarti tidak ada. Pengendara tak bisa menunjukkan dokumen yang sah sehingga kita lakukan penindakan, sementara kita tahan kendaraannya,” jelas Kasatlantas.

Tidak hanya itu, kata Sonny, keduanya ditilang polisi atas pelanggaran karena tidak sesuainya plat dengan spesifikasi teknis yang dikeluarkan oleh Polri, bahkan pengendara tidak dapat menunjukkan dokumen yang sah sesuai ketentuan yang berlaku.

“Platnya tidak sesuai dengan spesifikasi teknis yang dikeluarkan oleh Polri dan tidak dapat mengeluarkan dokumen yang sah, jadi kita masukkan ke dalam tilang,” ujar Sonny. (Bonni T Manullang)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *