Massa Desak Dugaan Korupsi 2 Dinas Simalungun Segera Diusut Kejatisu

IMG-20240310-164257

Medan, TRIBRATA TV
Aliansi bersama DPP Lipan dan DPC Tipikor Indonesia Siantar-Simalungun menggelar aksi unjuk rasa di halaman Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara di Medan, Rabu (15/1/2020)

Aksi ini merupakan tindak lanjut atas laporan mereka terkait dugaan korupsi di 2 Dinas Kabupaten Simalungun yang telah dilayangkan ke Kejatisu sebelumnya pada senin (23/12/2019) yang lalu.

IMG-20240227-124711

Hasan Basri Harahap selaku koordinator aksi dalam orasinya menyampaikan bahwa adanya dugaan korupsi yang terjadi di 2 Dinas Kabupaten Simalungun yang merugikan negara hingga Rp2,2 miliar.

“Kami menduga bahwa telah terjadi tindak kejahatan korupsi di 2 Dinas Kabupaten Simalungun yaitu pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang yang merugikan negara Rp500an juta pada tahun anggaran 2018 dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Nagori dengan kerugian Rp1,7 miliar di tahun anggaran 2016,” jelasnya.

Lanjutnya, ia juga meminta dan mendesak agar pihak Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara agar serius dalam mengusut dugaan korupsi yang mereka laporkan.

“Kami meminta dengan tegas agar Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara untuk serius dalam menindaklanjuti laporan yang telah kami laporkan. Serta kami mendesak agar pengusutan kasus dugaan korupsi ini dilakukan hingga tuntas agar tegaknya supremasi hukum. Sebab tindak pidana korupsi merupakan kejahatan luar biasa di negeri ini sehingga peran Kejaksaan harus mampu menjadi garda terdepan dalam pemberantasan korupsi ini,” tegasnya.

Setelah orasi disampaikan oleh massa aksi, pihak Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara yang diwakili oleh Sumanggar, SH selaku Kasi Penkum Kejati menanggapi permintaan massa aksi dengan menegaskan pihaknya akan serius dalam mengusut dugaan korupsi di 2 Dinas Kabupaten Simalungun yang telah dilaporkan.

“Saya tegaskan bahwa kami Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara akan tegas dan serius dalam mengusut dugaan korupsi di 2 Dinas Kabupaten Simalungun yang telah kawan-kawan laporkan pada kami,” tegasnya.

Sumanggar juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada massa aksi karena telah turut menjadi mitra kejaksaan dalam pemberantasan korupsi.

“Kami ucapkan terimakasih kepada kawan-kawan semua karena telah bersedia menjadi mitra kami dalam upaya memberantas korupsi di negeri ini terkhusus Sumatera Utara,” pungkasnya.

Sebelum massa aksi meninggalkan halaman Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Hasan Basri Harahap menegaskan pihaknya akan tetap mengawal laporan mereka dan bila Kejaksaan tidak menunjukkan sikap keseriusan dan ketegasannya mereka akan kembali melakukan aksi dengan jumlah yang lebih besar.

“Kami tegaskan bahwa kami akan tetap mengawal laporan kasus dugaan korupsi kami ini. Bilamana pihak kejaksaan tidak menunjukkan keseriusan dan ketegasannya maka kami akan kembali melakukan aksi dengan jumlah massa yang lebih besar,” tutupnya sambil meninggalkan halaman kejaksaan.(jp)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *