Polres Pakpak Bharat Tanam 3000 Pohon

IMG-20240409-WA0076

Pakpak Bharat, TRIBRATA TV
Dalam mendukung program Kapolri, Polres Pakpak Bharat bersama Forkopimda Pakpak Bharat menanam ribuan bibit pohon, Selasa (14/1/2020).

Kegiatan penanaman dipusatkan di sekitaran lahan kosong Mako Polres Pakpak Bharat yang dihadiri Kapolres Kapolres AKBP Alamsyah Parulian, Pj. Bupati Asren Nasution, Ketua DPRD Sony P. Berutu, Ketua PN Ledis Meriana Bakara, Kajari yang diwakili Kasidatun Zulkarnain Harahap.

IMG-20240227-124711

Sebelumnya digelar olah raga bersama yang diikuti seluruh Forkopimda dan anggota Polres, ASN, Pramuka Shaka Bhayangkara dan masyarakat. Olah raga bersama ini selain merangkul masyarakat juga memberi manfaat kesehatan bagi tubuh, berhubung cuaca di Kabupaten Pakpak Bharat yang cukup dingin.

Usai olah raga seluruh forkopimda beserta elemen masyarakat menggandengkan tangan menggambarkan menjaga kekompakan dan sinergitas antara pimpinan daerah dengan masyarakat.

Pada kegiatan ini, Polres Pakpak Bharat menyiapkan 2600 bibit berupa sawo 200 Pohon, rambutan 400 Pohon, Durian 300 Pohon, Jambu 300 Pohon, Alpukat 300 Pohon, Mangga 200 pohon, Kuini 150 Pohon, Sirsak 200 Pohon, Kelengkeng 200 Pohon, Jeruk 150 Pohon, Duku 100 Pohon, Nangka 100 Pohon.Total jumlah bibit yang ditanam sebanyak 2600 bibit pohon.

Bibit dipilih adalah pohon buah buahan sehingga selain bermanfaat bagi lingkungan dan kehidupan, pohon itu dapat menghasilkan buah buahan yang dapat dikonsumsi.

Dalam sambutannya Kapolres AKBP Alamsyah Parulian mengatakan perlu kita ketahui bersama bahwa program penanaman pohon dilingkungan institusi Polri selain mendukung program pemerintah, juga dilakukan menindaklanjuti program Kapolri yakni peduli penghijauan dilingkungan Mako Polri, asrama Polri, tanah atau lahan Polri yang masih gersang dan juga lokasi atau lahan lainnya.

“Kami mengharapkan kegiatan yang telah dilaksanakan tidak hanya ditanam dan dibiarkan mati, namun wajib kita pelihara sampai tumbuh subur sehingga sangat bermanfaat bagi anak cucu kita nantinya,” kata Kapolres.

Menurutnya, kualitas hidup yang baik dapat dilihat dari tempat tinggal dan lingkungan. Sejatinya memelihara lingkungan merupakan ibadah dan sebuah langkah awal membangun kehidupan, laksanakan program penghijauan ini dengan hati ikhlas untuk kebaikan bukan untuk seremonial ataupun berharap pujian dari orang lain.

Sementara Ketua DPRD Sony P. Berutu yakin bahwa kegiatan penanaman pohon khususnya di lingkungan mako Polri, asrama Polri dan lokasi lainnya adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. “Sesuai dengan namanya bahwa warna hijau itu warna yang indah maka itulah mengapa ketika kita melihat tanaman yang rindang dan berwarna hijau akan terasa dingin dan bekerja juga menjadi nyaman,” ucapnya.

Sedangkan Pj. Bupati Asren Nasution mengutarakan dengan banyak pohon akan banyak tempat cadangan air dalam tanah sehingga bisa mencegah banjir dan tanah longsor. Juga untuk memotivasi masyarakat untuk menghijaukan dan jaga lingkungan dengan melestarikan pohon bukan menebang pohon.

“Dengan menanam bibit pohon sebanyak 3000 kita dapat mengakses udara segar untuk dunia bukan hanya untuk Pakpak Bharat melainkan untuk dunia,” ujarnya.

Forkopimda sepakat mendukung program yang dilaksanakan Polri khususnya Polres Pakpak Bharat peduli penghijauan. Forkopimda akan menindak lanjuti kegiatan ini secara bergiliran oleh seluruh forkopimda sebagai tuan rumah. (zak)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *