200 Ekor Sapi Bantuan Provinsi Sumut Diduga Raib di Labusel

IMG-20240310-164257

Labusel, TRIBRATA TV
200 ekor ternak sapi bantuan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) hingga kini tidak diketahui keberadaannya. Bantuan untuk 100 kelompok tani itu disalurkan pada tahun 2018.

Soal bantuan itu dibenarkan Kabid Peternakan Dinas Perkebunan dan Peternakan Labusel, Lia.

IMG-20240227-124711

Namun sayangnya, Lia tidak mau menyebutkan kepada kelompok tani mana saja bantuan itu diberikan.

Berulangkali hal ini ditanya, Lia bungkam baik ditemui langsung maupun dihubungi melalui telepon.

Bahkan muncul kabar tak sedap yang merebak,’biarkan saja, nanti kan capek sendiri, mau apa para wartawan itu’. Hal ini menggambarkan instansi terkait tidak berkenan memberikan informasi yang benar atas bantuan sapi itu.

Namun informasi yang beredar justru menyatakan 200 ekor sapi bantuan itu diduga dikendalikan oleh orang nomor satu di Labusel. Kabarnya, sapi-sapi itu dilokasir di satu tempat dengan alasan untuk pengembangbiakan. Setelah berkembangbiak baru dibagi kepada kelompok tani.

Ketidakjelasan keberadaan sapi bantuan ini tentu saja menjadi pertanyaan para petani/peternak hingga para aktivis.

Ketua DPD LSM Topan RI 1 Sumatera utara Robin Simangunsong,SH,MH, menyesalkan jika bantuan tersebut tidak disalurkan kepada mereka yang berhak.

“Harapan saya dinas terkait dan Gubernur Sumatera Utara dapat mengusut hal ini, sehingga tidak terjadi kesalah pahaman, kalau sapi tersebut memang ada. Sebaliknya jika lembu itu raib, siapa yang harus bertanggung jawab…??,”ujar Robin. (Sulaiman Malaka)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *