IMG-20240409-WA0045

Pembuang Bangkai Babi ke Sungai Harus Ditindak

IMG-20240409-WA0076

Belawan, TRIBRATA TV
Seminggu sudah Medan dan Deli Serdang diramaikan dengan berita ribuan bangkai babi ditemukan di aliran Sungai Bedera dan Sei Mati Kota Medan, juga di daerah Percut Seituan, Deli Serdang, Senin (11/11/2019).

Instansi terkait yang melakukan pembersihan di sekitar Sungai Bedera berencana menanam bangkai babi tersebut di sekitar Danau Siombak, Medan Marelan. Namun, hasil peninjauan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sumut, masih ada ratusan bangkai babi yang mengapung di sungai, sehingga sangat mengganggu dan mencemarkan lingkungan perairan.

IMG-20240227-124711

Ketua HNSI Sumut, Zulfahri Siagian mengatakan bangkai babi yang sudah menimbulkan aroma tidak sedap itu berada di lingkungan masyarakat. Bahkan, Titi Sei Bedera menjadi tontonan masyarakat yang ingin melihat ratusan bangkai babi dibawa air ketika pasang maupun surut.

Zulfahri menilai, upaya yang dilakukan saat ini belum maksimal. “Sudah seminggu ratusan bangkai babi mengapung di lokasi tersebut dan dapat mengganggu nelayan yang mencari ikan di Sei Bedera maupun nelayan yang akan keluar masuk menuju laut tempat nelayan mencari ikan.

Zulfahri meminta agar aparat hukum, terutama Polda Sumut dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara malakukan penyidikan dan penyelidikan agar orang-orang yang dengan sengaja mencemarkan lingkungan dapat dipidana.

“Kami nelayan menjadi korban, kita akan melaporkan hal ini kepada Kapolda Sumut dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara,” ucap Fahri.(P.Sitorus)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *