Jelang Lebaran, Pemkab Tobasa Sidak Makanan Kadaluarsa

IMG-20240310-164257

Tobasa, TRIBRATA TV
Kadis Koperindag Toba Samosir (Tobasa) Marsarasi Simanjuntak didampingi Kacab BPOM Ashadi S.Farm.Apt dan Kapolsek Silaen AKP Junaedi melakukan sidak makanan kadaluarsa, Rabu (29/05/2019).

Tim mendatangi toko kelontong Ramos, Barimbing, dan pasar Tumpah Silombu Kecamatan Silaen. Di toko kelontong tim menemukan bahan sembako seperti tepung, gula, minyak goreng eceran, berdekatan bahkan tercampur-campur dan bertumpuk. Hal ini disebabkan ukuran toko yang kecil.

IMG-20240227-124711

Pada kesempatan itu Marsarasi minta kepada pemilik toko untuk memisahkann makanan-minuman yang telah kadaluwarsa.

Sementara di Pasar Lombu Hutagurgur Kecamatan Silaen tidak ditemukan adanya makanan yang diduga berformalin, baik itu ikan, daging ayam dan mie. Untuk harga kebutuhan pokok seperti bawang putih masih berkisar Rp 80.000,-/kg, ayam negri 32.000,-
Harga ikan-ikan masih normal.

Namun beberapa warga minta kepada Kadis Koperindag untuk memperhatikan harga gas tabung 3 Kg. “Pak tolong harga isi ulang gas elpiji tabung 3 kg masih ada saja oknum yang menjual Rp 20.000,- dari harga normal 16.000,” minta warga.

Untuk sidak ini kami hanya bersifat teguran, belum menindak, dan kami akan tegur, kata Marsarasi.

Kapolsek Silaen AKP Junaedi, membenarkan naiknya harga tabung gas elpiji 3 kg. “Sudah lama kami sosialisasikan ke desa-desa namun masih ada saja yang bandal, jangan salahkan kami apabila ditemukan dan dilaporkan masyarakat ke kami, tentunya akan kami tindak dan sudah melanggar UU Konsumen,” ucap Junaedi.

Sementara Kacab BPOM Tobasa Ashadi. S.Farm.Apt mengatakan keteledoran pengusaha kelontong menempatkan barang yang sudah kadaluarsa masih ditemukan,juga ketidakrapian barang-barang dagangan.

Untuk beberapa jajanan sekolah diseputuran Silaen berupa sosis, nugget saat diperiksa Tim BPOM Tobasa diduga masih memakai formalin. Selebihnya untuk daging ayam, ikan asin dan mie belum ditemukan bercampur formalin.

“Kami dengan tim Pemkab Tobasa sudah bekerjasama mengawasi makanan-minuman obat-obatan yang beredar tetapi untuk pemeriksaan kosmetik masih bekerja sama dengan BPOM Medan. Semoga dalam waktu dekat di Kabupaten Tobasa sudah bisa mengechek barang kosmetik,”ucap Ashadi.

Hadir Sekcam Silaen Albiker. H. Panjaitan mewakili Camat Silaen. Tim Lab BPOM Tobasa, Dumaria Sinaga beserta jajaran Koperindag. (berlin)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *