Menuju New Normal, Bupati Taput Minta Warga Patuhi Protokol Kesehatan

IMG-20240409-WA0076

Taput, TRIBRATA TV

Saat ini semua daerah di Indonesia bersiap dan berbenah diri menjelang diberlakukannya New Normal sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo.

IMG-20240227-124711

Menurut Juru Bicara Tim Gugus Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Indra Simare-mare penerapan New Normal tidak serta merta bisa dilakukan di semua daerah termasuk Taput. Ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi suatu daerah agar bisa menerapkan New Normal.

Untuk penerapan New Normal disetiap daerah juga akan berbeda, tergantung keadaan dan kebutuhan daerah masing-masing.

Terkait dengan hal itu, Bupati Nikson Nababan mengatakan Taput belum bisa menerapkan New Normal. Ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan agar rekomendasi New Normal bisa diperoleh dari gubernur.
“Tahapan itu sekarang sedang kami kerjakan, selanjutnya untuk dilaporkan ke pemerintah provinsi,” ujar Bupati, Jumat (5/6/2020).

Masyarakat diimbau agar mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti menjaga jarak aman, menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh, menyiapkan tempat cuci tangan/hand sanitizer di tempat umum, serta membatasi jumlah kapasitas pengunjung di sarana umum.

Sambil menunggu rekomendasi itu, kegiatan sudah bisa dilakukan meski masih terbatas, seperti membuka beberapa rumah ibadah pada hari Minggu ini (7/6/2020). Gereja HKBP Pearaja Tarutung dan sejumlah gereja lainnya. Demikian juga mesjid.

Sementara untuk hotel, sampai saat ini masih satu hotel yang sudah dibuka untuk umum, yaitu Hotel Hineni. Kepada pengurus rumah ibadah dan manajemen hotel, sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi.

Mereka telah berkomitmen menerapkan seluruh protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Untuk memastikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 benar-benar dilaksanakan, saat dibukanya fasilitas umum ini nantinya, akan didampingi dan diawasi oleh tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 bersama TNI dan kepolisian serta POL PP. (harapan sagala)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *