Hukum  

Pengamanan PTPN IV Panai Jaya Gagalkan Upaya Pencurian TBS

IMG-20240310-164257

Labuhanbatu, TRIBRATA TV

Pihak pengamanan PTPN IV Unit Usaha Panai Jaya, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu meringkus dan menggagalkan pencurian Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit yang dilakukan oleh Supir dan Tukang Muat dengan modus menyimpan TBS di kolong truk, Selasa (2/6/2020) malam.

IMG-20240227-124711

Dari hasil introgasi diketahui pelaku pencurian produksi buah kelapa sawit tersebut, supir truk bernama Iwan S. Kurniawan (41) , warga Desa Cinta Makmur Kecamatan Panai Hulu dan tukang muat atas nama Udin (30) warga Desa Tanjung Sarang Elang Simpang Ajamu.

Rusdianto, Asisten Personalia Kebun Panai Jaya dalam relisnya, Kamis (4/6/2020) menyebutkan, barang bukti yang berhasil diamankan ada sekitar 6 TBS yang berasal dari Afdeling III dan kendaraan roda empat jenis colt diesel dengan nomor polisi, BK 9115 XY.

“Pelaku dan seluruh barang bukti sudah kita serahkan ke Polsek Panai Tengah guna untuk proses hukum lebih lanjut sesuai dengan Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) nomor STPL/ 60.a/VI/YAN.25/2020/SU/RES-LBH/SEK.P.TENGAH”, kata Rusdianto.

Manajemen PTPN IV Panai Jaya berharap pihak kepolisian menjerat para tersangka dengan menggunakan Undang-Undang Perkebunan nomor 39 tahun 2014 dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 4 (tahun) atau denda paling banyak 4 miliar sesuai pasal 107 d Undang-Undang tersebut.

“Selain itu kami berharap agar pihak kepolisian mengusut tuntas kasus ini sampai kepada penadah, karena kami menduga pelaku sudah beberapa kali melakukan pencurian TBS,” pinta Rusdianto.

Sedangkan, Manager Unit Usaha Panai Jaya Rahmadansyah menyebutkan pihaknya akan selalu memperketat keamanan dengan memaksimalkan tenaga pengamanan.

“Kedepannya kita akan lebih memperketat pengamanan, memaksimalkan tenaga pengamanan Kebun PTPN IV Unit Usaha Panai Jaya dan juga akan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian agar memperkecil kemungkinan terjadinya pencurian buah kelapa sawit di PTPN IV Unit Usaha Sosa”, ujar Rahmadansyah. (Indra)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *