Hukum  

Hendak Mencuri di Kapal, Dua Pria Ini Ditangkap Patroli AL

IMG-20240310-164257

Belawan TRIBRATA TV
Patroli Lantamal I, Kapal Patkamla (Patroli Keamanan Laut) Pulau Bengkaru menangkap dua tersangka yang berencana melakukan pencurian dengan pengancaman kekerasan terhadap ABK TB Hangtuah II yang sedang sandar di Dermaga Ujung Baru, Belawan, Sumatera Utara. Rabu (25/3/2020).

Berawal sekitar pukul 21.00 WIB,TB Hang Tuah II melalui radio meminta bantuan dua orang tidak dikenal menaiki Kapal TB Hang Tuah II. Kapal Patkamla Bengkaru Satrol Lantamal I yang saat itu sedang jaga alur memonitor dan merespon cepat dengan langsung menuju kapal tersebut menggunakan sekoci karet.

IMG-20240227-124711

Sepuluh menit kemudian, team Patkamla Bengkaru tiba di Dermaga Ujung Baru dan langsung merapat ke Kapal TB Hang Tuah II. Setelah mendapat informasi dari ABK bahwa ada dua orang berusaha kabur setelah sebelumnya menaiki Kapal Hang Tuah dan membawa barang berupaya mengeluarkan gulungan kabel berusaha melarikan diri menuju ke Dermaga Jety.

Berbekal informasi tersebut, Team Patkamla Pulau Bengkaru segera melakukan pengejaran dengan menyusuri Dermaga Jety. Setelah beberapa saat, team mendengar suara boat melarikan diri melintas ke arah buoy 11.

Tim lantas mengejar boat tersebut, tanpa berlama-lama, team berhasil menghentikan boat terduga pelaku pengancaman dan pencurian tersebut dan seketika terlihat dua orang berusaha melompat ke laut.

Saat itu Tim langsung mengadakan pencarian dan dua orang terduga berhasil ditangkap Team Patroli Pulau Bengkaru.

Kedua terduga dan barang bukti berupa boat tanpa nama dibawa ke Kapal TB Hangtuah II dan disana sudah ada Patroli Airud dan KPLP yang juga sedang melakukan olah TKP.

Menurut keterangan dari ABK Kapal TB Hangtuah II terduga sudah berhasil naik kapal dan mengeluarkan 1 gulung kabel serta mengancam ABK TB Hangtuah yg melihat kedua pelaku.

Untuk proses penyelidikan lebih lanjut Team Patkamla Pulau Bengkaru menyerahkan dua orang terduga berinisial ED dan RD beserta 1 boat pancung mesin dompeng 16 PK kepada Polairud dan disaksikan oleh petugas KPLP, Jaga Pelindo dan ABK TB. Hangtuah II.

Menanggapi hal ini, Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid K mengapresiasi anggotanya yang bergerak cepat dalam merespon laporan dari masyarakat.

“TNI AL khususnya Lantamal I yang berada di jajaran Koarmada I berkomitmen untuk memberantas tindak kejahatan yang dilakukan di Wilayah Kerja Lantamal I, salah satunya mengamankan alur di Belawan yang sampai dengan saat ini masih banyak didapati kasus pencurian yang disertai dengan pengancaman,” tegas Danlantamal.

“Dengan melakukan patroli baik melalui operasi intelijen maupun operasi laut dengan menggunakan KRI ataupun Kapal Patroli, Lantamal I akan selalu melakukan pengawasan di Belawan yang merupakan wilayah kerja Lantamal I yang disinyalir sampai saat ini masih banyak pelanggaran dan tindak pidana serta sering digunakan untuk penyelundupan narkoba dan komoditi luar ke Indonesia melewati jalur perairan,”pungkasnya.(P.Sitorus)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *